Jumat, 27 Juli 2012

Tips Memilih Perguruan Tinggi.

Adik-adik, kelas XII SMA semuanyaa.... Walaupun pembukaan pendaftaran mahasiswa baru masih jauh dan masih lama, kakak bakal bagi-bagi info dan juga tips cerdas memilih perguruan tinggi serta jurusan yang tepat.
Di jaman yang serba sulit ini, nggak heran yah kalau cari kerja aja susah banget! Banyak para sarjana jebolan perguruan tinggi ternama juga nganggur! Ih, ga mau 'kan kalau sampai kayak gitu??? Sekedar share dan berbagi pengalaman aja nih, jangan sampe ujung-ujungnya nyesel gara-gara kampus manapun udah pada di ujung tanggal pendaftaran.
Nih, kakak kasih tips dan infonya juga yaaa....

  1. Pilih yang sekiranya emang standar dengan kemampuan kamu. Jangan terlalu memaksakan memilih perguruan tinggi yang standarnya "high class", sebab itu akan mempersulit kesempatan kamu. Bayangkan aja, pastinya anak-anak yang otaknya tokcer pada minat masuk ke situ 'kan? Dan jelas, itu bakal mempersulit kamu yang notabenenya punya kemampuan yang standar-standar aja.
  2. Kalau mau cari kampus yang gratis, daftarlah pada tanggal awal pembukaan mahasiswa baru! Sebab, kemungkinan besar pada awal pendaftaran itu masih banyak siswa-siswi yang minat ke perguruan tinggi lain. Andaikata nggak minat pun, lebih baik dicoba, siapa tahu dapet. Dan jadi perguruan tinggi cadangan seandainya kamu nggak diterima di perguruan tinggi yang kamu mau.
  3. Jangan terfokus pada jurusan yang kamu sukai. Karena banyak banget jurusan favorit di perguruan tinggi yang menetapkan standar penilaian yang tinggi. Pilih jurusan yang sekiranya dengan kemampuan kamu (ya katakanlah lebih dari teman-teman kamu), yang rada dibawah passing grade. Adik-adik jangan takut kalau seandainya masuk ke jurusan yang nggak beken sekalipun. Jaman sekarang, basic jurusan kuliah dengan pekerjaan yang bakal kalian jalani seringkali berbeda 360 derajat. So, nggak usah gengsi yaa...
  4. Bagi yang mau meneruskan ke perguruan tinggi swasta, nggak usah malu dan nggak usah minder. Karena kebanyakan perguruan tinggi swasta itu akan lebih memudahkan kamu untuk masuk ke dalam keluarga besar kampus swasta itu. Ya, walaupun biayanya rada menguras kantong tapi nggak usah khawatir kok. Banyak beasiswa yang bertaburan disekitar kamu, asal kaliannya aja yang jeli. 
  5. Yang masih pengen ke perguruan tinggi negeri, inget jangan milih yang terlalu susah jurusannya. Sebab, pengalaman saya juga demikian. Saya memilih PTN yang punya nama di Indonesia dengan jurusan yang spektakuler, alhasil saya nggak masuk ke PTN tersebut. Jadi plihlah PTN yang sekiranya dengan kemampuan kamu bisa masuk ke situ.
  6. Sesuaikan dana. Bersyukurlah bagi kamu yang punya orang tua yang banyak uang, dan jangan sedih buat adik-adik yang punya dana pas-pasan, atau mungkin juga nggak punya modal sama sekali. Tenang, sekarang banyak perguruan tinggi baik swasta maupun negeri yang menawarkan biaya murah dan terjangkau. Buat yang nggak punya modal, banyak juga perguruan tinggi negeri atau swasta yang menyediakan beasiswa bagi kamu yang kurang mampu dalam hal finansial.
  7. Jangan anggap sebelah mata politeknik! Walaupun itu adalah sekolah vokasi, tapi tetep bisa cari kerjaan. Yang nggak tahu politeknik, itu loh kayak semacam SMK gitu. Emang sih, kita bakal menyandang status Diploma. Tapi, siapa bilang yang menyandang status Diploma nggak bisa cari kerja??? Bisa kok, bisa banget malah... :)
  8. Yang punya niat ngelanjutinnya tahun depan, jangan sedih dan jangan kecewa. Kalian punya rentang waktu yang cukup lama untuk belajar kembali. Punya cukup waktu juga buat nabung do'a lho. Jadi jangan takut bakal dianggap "nggak gaul kalau nggak kuliah tahun ini".
  9. Sekolah tinggi kedinasan! Ayo sapa yang mauuu??? Pasti mau 'kan??? Jaminan langsung ikatan dinas, dan dapet gaji yang lumayan, hmmm sapa coba yang nggak ngiler? Hehehehehe...  Persiapkan berbagai macam persyaratan yang rada susah bila dibandingkan dengan persyaratan masuk ke perguruan tinggi maupun politeknik, secara ini 'kan ikatan dengan dinas langsung, jadi nggak bisa sembarangan. Dinas loh ini, pastinya langsung berhubungan dengan pemerintah.
Nah, itu tadi beberapa tips dan juga info yang bisa kakak kasih buat adik-adik semua.... Semoga bermanfaat ya?? Yang masih belum diterima di perguruan tinggi yang kamu mau, sabar dan tetep semangat...!!! :D :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar